-, Nurhayati (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak Dan Gim di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5201151005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 5201151005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (349kB)
![[thumbnail of 5201151005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Kata_Pengantar.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 5201151005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Abstrak.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of 5201151005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 5201151005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Daftar_Tabel.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 5201151005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 5201151005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 5201151005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_BAB_I.pdf
Download (764kB)
![[thumbnail of 5201151005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201151005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5201151005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5201151005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_BAB_V.pdf
Download (357kB)
![[thumbnail of 5201151005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
![[thumbnail of 5201151005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5201151005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Perubahan kurikulum yang terjadi, terutama dengan diterapkannya kurikulum merdeka, mempengaruhi kegiatan pembelajaran di sekolah. Observasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru seperti powerpoint dan buku paket cenderung menampilkan teks, yang kurang menarik dalam mencapai capaian pembelajaran pemrograman berorientasi objek. Siswa mengalami kesulitan memahami mata pelajaran karena terbatasnya kegiatan praktikum. Selain itu, kurangnya software pendukung pembelajaran menjadi hambatan signifikan, menghambat siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis program yang penting untuk pemahaman materi. Siswa kurang mandiri dalam belajar dan jarang mengulang materi di rumah. Materi pemrograman berorientasi objek sulit dipahami karena kompleksitas dan kesulitan memahami program C++. Siswa diharapkan mampu menerapkan konsep class, object, method, package, access modifier, enkapsulasi, interface, pewarisan, dan polymorphism dalam proyek pengembangan perangkat lunak sederhana.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis computer based instruction (CBI) yang dapat diakses siswa kapan saja dan di mana saja sebagai media pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan MDLC(Multimedia Development Life Cycle), mencakup pengujian media yang mencakup kelayakan materi dan media serta kebergunaan media.
Hasil uji kelayakan menunjukkan nilai 4,71 untuk kelayakan materi dan 4,68 untuk kelayakan media. Uji akseptabilitas oleh siswa memperoleh nilai 4,71. Hasil uji efektivitas dengan nilai N-Gain sebesar 0.63 dengan persentase 63%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis Computer Based Instruction (CBI) dinyatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Computer Based Instruction, Pemograman Berorientasi Objek |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64029 |