Malau, Wanty (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108 313 394 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108 313 394 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
108 313 394 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108 313 394 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108 313 394 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108 313 394 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108 313 394 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108 313 394 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108 313 394 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
108 313 394 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
108 313 394 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Model pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran cenderung masih bersifat konvensional, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung yang berjumlah 30 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes objektif, yaitu tes awal (pre test), post test I, dan post test II. Kemudian observasi, yang diobservasi adalah kegiatan siswa dan kegiatan guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Siklus I yang dilakukan 2x pertemuan dan Siklus II yang diadakan 2x pertemuan diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 41 dengan ketuntasan belajar 6,67% atau 2 orang, pada post test I diperoleh nilai rata-rata 60,83 dengan ketuntasan belajar 40% atau sebanyak 12 orang, kemudian pada post test II diperoleh nilai rata-rata 82,17 dengan ketuntasan belajar 90% atau 27 orang. Sebaliknya pada tes awal terdapat (93,33%) atau 28 orang siswa yang tidak tuntas, pada post test I terdapat (60%) atau 18 orang siswa memperoleh hasil belajar yang rendah, pada post test II terdapat (10%) atau 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada post test II sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Ternyata dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual siswa turut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mal m |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Pembelajaran Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6402 |