Satya, Awi (2024) Pengembangan Video Tutorial Berbantuan Media Animaker Pada Mata Pelajaran Pemesinan Frais Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203121005_Cover.pdf
Download (139kB)
5203121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (361kB)
5203121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (591kB)
5203121005_Abstrak.pdf
Download (172kB)
5203121005_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
5203121005_Daftar_Tabel.pdf
Download (131kB)
5203121005_Daftar_Gambar.pdf
Download (125kB)
5203121005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (161kB)
5203121005_BAB_I.pdf
Download (438kB)
5203121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (914kB)
5203121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (769kB)
5203121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203121005_BAB_V.pdf
Download (234kB)
5203121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (299kB)
5203121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video tutorial berbantuan media animaker pada mata pelajaran pemesinan frais di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih sering disebut Research and Development (R&D). Media dikembangkan dengan website Animaker. Tahap pengumpulan data meliputi: (1) Uji kelayakan (a) ahli materi, (b) ahli media, (c) ahli desain grafis, dan (d) penilaian peserta didik (kelompok kecil, dan kelompok besa), (2) Uji Efektifitas yaitu Pre-test dan Post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan media video tutorial bermantuan media animaker dinilai sangat valid dengan hasil validitasi dari ahli materi sebesar 82,7 %, Ahli Media 91,1 %, Ahli Desain Grafis 97 %, serta validasi dari siswa dalam uji coba kelompok kecil, dan kelompok besar berturut-turut sebesar 87,7 %, dan 88,8 %. Rata-rata hasil validasi menunjukkan kategori “Validitas Sangat Tinggi” sehingga media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas media ini terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre-test 64,3 menjadi post-test 88,3, atau peningkatan sebesar 59,09%. Perhitungan N-Gain sebesar 0,67 menandakan "Efektivitas Sedang," sehingga media ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Video Tutorial; Animaker; R&D; Pemesinan Frais; SMK; Validitas Media Pembelajaran; Efektivitas Media |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:17 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 09:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63995 |
