Sayutinur (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR BATANG DAN FUNGSINYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BAGI SISWA KELAS IV C SD NEGERI NO. 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313319 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313319 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313319 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313319 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313319 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313319 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313319 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313319 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313319 BAB I.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313319 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313319 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IVC Sambirejo Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok struktur batang dan fungsinya dengan menggunakan metode demonstrasi dikelas IVC SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di desa sempurna Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri No. 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil tes awal siswa sebesar 38,12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 15,62%. Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan metode demonstrasi , hasil pos tes tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata- rata 57,81 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56,25%. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan tetap menggunakan metode demonstrasi tingkat penguasaan siswa meningkat menjadi rata- rata 78,75 dengan ketuntasan klasikal 96,68% atau secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan dalam belajar.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar sains pada materi pokok struktur batang dan fungsinya, dan guru bidang studi sains disarankan agar menerapkan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Say m |
Keywords: | Hasil Belajar Sains; Struktur Batang dan Fungsinya; Metode Demonstrasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6399 |