Sitohang, Arta Nauli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202341002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Cover.pdf
Download (299kB)
![[thumbnail of 7202341002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202341002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Abstrak.pdf
Download (669kB)
![[thumbnail of 7202341002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Kata_Pengantar.pdf
Download (685kB)
![[thumbnail of 7202341002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Daftar_Isi.pdf
Download (823kB)
![[thumbnail of 7202341002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Daftar_Tabel.pdf
Download (496kB)
![[thumbnail of 7202341002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Daftar_Gambar.pdf
Download (495kB)
![[thumbnail of 7202341002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 7202341002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202341002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202341002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202341002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 7202341002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_BAB_V.pdf
Download (568kB)
![[thumbnail of 7202341002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (567kB)
![[thumbnail of 7202341002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202341002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sunggal. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sunggal pada semester genap T.A 2023/2024. Penentuan sampel dilakukan dengan desain penelitian one group pre-test – post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 213 siswa dan yang menjadi sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI F13 sebagai kelas eksperimen (36 Siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI F12 sebagai kelas kontrol (36 siswa) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dan tes untuk untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 87,36, dan varians sebesar 7,32. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,83 dan varians sebesar 9,97. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa dengan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung adalah 20,99, sedangkan nilai t tabel dengan derajat kebebasan 70 dan taraf signifikan ɑ=0,05 adalah 1,67. Hal ini mengindikasi bahwa thitung (20,99) lebih besar dari ttabel (1,67), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63988 |