Pane, Siti Sarah (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PP (PICTURE AND PICTURE) DI KELAS IV SD N 067244 MEDAN SELAYANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313333 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313333 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
108313333 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
108313333 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
108313333 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313333 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313333 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313333 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313333 BAB I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108313333 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313333 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendah nya hasil belajar IPS siswa pada materi Perkembangan Tekhnologi Komunikasi di kelas IV SD Negeri 067244 Medan Selayang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Tekhnologi Komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture (PP) kelas IV SD Negeri 067244 Medan Selayang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 25 orang siswa terdiri dari 14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 20 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 25 orang siswa diperoleh 8 orang siswa (32%) yang mendapat nilai tuntas dan 17 orang siswa tidak tuntas (68%), selanjut nya pada siklus I naik menjadi 17 orang siswa (68%) yang mendapat nilai tuntas dan 8 orang tidak tuntas (32%), pada siklus II dari 25 orang siswa diperoleh 23 orang siswa (92%) siswa mendapat nilai tuntas dan 2 orang tidak tuntas (8%). Jadi dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 11,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Pan m |
Keywords: | Belajar;Perkembangan;Teknologi;Komunikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6398 |