Rahmadani, Fitri (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD. NEGERI 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313112 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313112 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
108313112 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108313112 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
108313112 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
108313112 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313112 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313112 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313112 BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
108313112 BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
108313112 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa bila metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM) diterapkan pada materi menyederhanakan pecahan di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan tes hasil belajar terhadap siswa untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 4 siswa (20%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 16 siswa (80%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 42. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 11 siswa (55%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 9 siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh 17 siswa (85%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 3 siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 77.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pada observasi kegiatan guru siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 82,5 dan 90, sedangkan Pada Observasi kegiatan siswa Siklus I dan II nilai yang diperoleh adalah 70 dan 85.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menyederhakan pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rah m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Belajar; Index Card Match; Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6397 |