Pengembangan Media Board Game Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 104202 Bandar Setia

Butar butar, Wahyu P (2024) Pengembangan Media Board Game Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 104202 Bandar Setia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111037_Cover.pdf] Text
1203111037_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203111037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 1203111037_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111037_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1203111037_Abstrak.pdf] Text
1203111037_Abstrak.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1203111037_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111037_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203111037_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111037_Daftar_Tabel.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 1203111037_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111037_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 1203111037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203111037_BAB_I.pdf] Text
1203111037_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1203111037_BAB_II.pdf] Text
1203111037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[thumbnail of 1203111037_BAB_III.pdf] Text
1203111037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of 1203111037_BAB_IV.pdf] Text
1203111037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111037_BAB_V.pdf] Text
1203111037_BAB_V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203111037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1203111037_Lampiran.pdf] Text
1203111037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) kelayakan media board game berbasis etnomatematika yang dikembangkan untuk mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2024/2025, (2) kelayakan media board game berbasis etnomatematika pada mata pelajaran Pendidikan Matematika di kelas III SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2024/2025, dan (3) kepraktisan media board game berbasis etnomatematika yang digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan subjek penelitian siswa kelas 3 A SD Negeri 104202 Bandar Setia yang terdiri dari 20 siswa. Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki kelayakan yang sangat tinggi dengan persentase 93,75% dari ahli materi dan 87,5% dari ahli media. Media board game berbasis etnomatematika dinilai sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji kepraktisan menunjukkan hasil yang sangat praktis dengan persentase 91,76% dari praktisi pendidikan. Media board game berbasis etnomatematika juga mendapat respons positif dari siswa, terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata pre-test sebesar 46,75% menjadi 87,50% pada post-test. Dengan demikian, media pembelajaran board game berbasis etnomatematika sangat efektif digunakan dalam pembelajaran dengan efektivitas pre-test 20% dan post-test 95%, yang masuk dalam kategori "Sangat Efektif."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; Matematika; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 05:31
Last Modified: 18 Jul 2025 05:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63961

Actions (login required)

View Item
View Item