Gultom, Taufik Hidayat (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDS Islamiyah 10259415 Medan T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311119_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Cover.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 1203311119_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (524kB)
![[thumbnail of 1203311119_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of 1203311119_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Abstrak.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 1203311119_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Daftar_Isi.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of 1203311119_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 1203311119_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of 1203311119_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 1203311119_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_BAB_I.pdf
Download (333kB)
![[thumbnail of 1203311119_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311119_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
![[thumbnail of 1203311119_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (896kB)
![[thumbnail of 1203311119_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_BAB_V.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 1203311119_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Daftar_Pustaka.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of 1203311119_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311119_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match terhadap hasil belajar mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDS Islamiyah 10259415 Medan T.A 2024/2025. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDS Islamiyah Medan 10259415, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 17 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match dan Kelas VB yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan empat pilihan (option). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t test) dengan menggunakan Microsoft Excel 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional ceramah. Pada uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai Thitung pada kelas eksperimen sebesar 5,865 dan pada kelas kontrol sebesar 8,341, dengan Ttabel masing-masing 2,037 dan 2,048. Nilai signifikansi (P(T<=t) two-tail) sebesar 0,000 pada kedua kelas, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi Bab VII Sayangi Bumi di kelas V SDS Islamiyah 10259415 Medan T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Bahasa indonesia; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 05:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63951 |