Pengembangan Media Evaluasi Belajar Berbasis Website Pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Swasta Jambi

Pardede, Dinda Azhari (2024) Pengembangan Media Evaluasi Belajar Berbasis Website Pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Swasta Jambi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5191151014_Cover.pdf] Text
5191151014_Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 5191151014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5191151014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5191151014_Kata_Pengantar.pdf] Text
5191151014_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 5191151014_Abstrak.pdf] Text
5191151014_Abstrak.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 5191151014_Daftar_Isi.pdf] Text
5191151014_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 5191151014_Daftar_Tabel.pdf] Text
5191151014_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 5191151014_Daftar_Gambar.pdf] Text
5191151014_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 5191151014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5191151014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5191151014_BAB_I.pdf] Text
5191151014_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 5191151014_BAB_II.pdf] Text
5191151014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[thumbnail of 5191151014_BAB_III.pdf] Text
5191151014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5191151014_BAB_IV.pdf] Text
5191151014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 5191151014_BAB_V.pdf] Text
5191151014_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 5191151014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5191151014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5191151014_Lampiran.pdf] Text
5191151014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada saat proses evaluasi
belajar dikelas terutama pada asessmen formatif dimana proses evaluasi dengan
asessmen formatif dikelas dilakukan secara konvensional dan manual
menggunakan kertas, buku, dan modul. Guru memerlukan waktu lama dalam
memeriksa, dan proses memberikan hasil dengan cepat atau memberikan feedback
kepada siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatasi permasalahan
tersebut, Peneltian ini menggunakan model pengembangan. Pada penelitian ini
dilakukan uji validitas ahli media, ahli evaluasi, dan pengguna (guru). uji validitas
menggunakan teori dari validitas Aiken (Aiken’s V). Hasil dari uji validitas ahli
menyatakan bahwa sistem dikatakan valid, karena pada hasil uji validitas
menunjukkan nilai validitas lebih tinggi dari nilai standar minimal koefisiennya
yaitu 0,677.Setelah dilakukan uji validitas, selanjutnya dilakukan uji akseptabilitas
terhadap pengguna. Uji akseptabilitas dilakukan untuk mengetahui penilaian
pengguna terhadap media yang dikembangkan. Uji akseptabilitas ini menggunakan
teori TCR (Tingkat Capaian Responden). Sampel pada penelitian ini terdiri
beberapa pengguna yaitu pengguna uji akseptabilitas terhadap 20 orang siswa dan
1 orang guru pada sekolah SMK Swasta Jambi. Hasil dari uji akseptabilitas
penilaian pengguna guru dalam penelitian ini masuk dalam kategori baik dan sangat
baik, dan penilaian siswa terhadap media dalam penelitian ini masuk dalam kategori
baik dan sangat baik. Media yang sudah dikembangkan dapat membantu guru dan
siswa dalam pelaksanaan evaluasi belajar dikelas pada asessmen formatif hal ini
dibuktikan dengan uji validasi yang sudah valid dan tingkat capaian responen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media evaluasi belajar, asesmen formatif, website
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4150 Computer network resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 18 Jul 2025 04:05
Last Modified: 18 Jul 2025 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63933

Actions (login required)

View Item
View Item