Pardede, Dinda Azhari (2024) Pengembangan Media Evaluasi Belajar Berbasis Website Pada Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Swasta Jambi. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5191151014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Cover.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 5191151014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Kata_Pengantar.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 5191151014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Abstrak.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of 5191151014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Daftar_Isi.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 5191151014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 5191151014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Daftar_Gambar.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 5191151014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 5191151014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_BAB_I.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of 5191151014_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (943kB)
![[thumbnail of 5191151014_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151014_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 5191151014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_BAB_V.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 5191151014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 5191151014_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada saat proses evaluasi
belajar dikelas terutama pada asessmen formatif dimana proses evaluasi dengan
asessmen formatif dikelas dilakukan secara konvensional dan manual
menggunakan kertas, buku, dan modul. Guru memerlukan waktu lama dalam
memeriksa, dan proses memberikan hasil dengan cepat atau memberikan feedback
kepada siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatasi permasalahan
tersebut, Peneltian ini menggunakan model pengembangan. Pada penelitian ini
dilakukan uji validitas ahli media, ahli evaluasi, dan pengguna (guru). uji validitas
menggunakan teori dari validitas Aiken (Aiken’s V). Hasil dari uji validitas ahli
menyatakan bahwa sistem dikatakan valid, karena pada hasil uji validitas
menunjukkan nilai validitas lebih tinggi dari nilai standar minimal koefisiennya
yaitu 0,677.Setelah dilakukan uji validitas, selanjutnya dilakukan uji akseptabilitas
terhadap pengguna. Uji akseptabilitas dilakukan untuk mengetahui penilaian
pengguna terhadap media yang dikembangkan. Uji akseptabilitas ini menggunakan
teori TCR (Tingkat Capaian Responden). Sampel pada penelitian ini terdiri
beberapa pengguna yaitu pengguna uji akseptabilitas terhadap 20 orang siswa dan
1 orang guru pada sekolah SMK Swasta Jambi. Hasil dari uji akseptabilitas
penilaian pengguna guru dalam penelitian ini masuk dalam kategori baik dan sangat
baik, dan penilaian siswa terhadap media dalam penelitian ini masuk dalam kategori
baik dan sangat baik. Media yang sudah dikembangkan dapat membantu guru dan
siswa dalam pelaksanaan evaluasi belajar dikelas pada asessmen formatif hal ini
dibuktikan dengan uji validasi yang sudah valid dan tingkat capaian responen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media evaluasi belajar, asesmen formatif, website |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4150 Computer network resources |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63933 |