Simanjuntak, Gesty Novianti (2025) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Swasta Sinar Husni 2 Tr Labuhan Deli. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5182131012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Cover.pdf
Download (117kB)
![[thumbnail of 5182131012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of 5182131012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 5182131012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Abstrak.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 5182131012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 5182131012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 5182131012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Daftar_Gambar.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 5182131012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 5182131012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_BAB_I.pdf
Download (650kB)
![[thumbnail of 5182131012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5182131012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (799kB)
![[thumbnail of 5182131012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (852kB)
![[thumbnail of 5182131012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_BAB_V.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 5182131012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 5182131012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5182131012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X dengan mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X TITL 3 yang berjumlah 31 orang dan kelas X TITL 4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui validasi soal dari ahli materi dan ahli evaluasi, soal tes pilihan berganda dan angket respon siswa. Hasil analisis data yang diperolah pada ahli materi pada ahli materi,ahli evaluasi, soal tes pilihan berganda didapatkan sudah valid. Dengan hasil pengukuran berpikir tingkat tinggi siswa dari 30 subjek yang pada indicator menganalisis (C4) dengan nilai persentase 47,8%, mengevaluasi (C5) dengan nilai persentase 49,9% dan mencipta (C6) dengai nilai persentase 40,38%. Hasil analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal dapat disimpulkan bahwa 30 soal yang dipilih memiliki kualitas yang memadai untuk digunakan dalam pengembangan instrument tes berbasis HOTS. Hasil dalam tiap indikatornya untuk menganalisis (C4) dengan nilai persentasi 53,3%, mengevaluasi (C5) dengan nilai persentase 58%, dan mencipta (C6) dengan nilai persentase 54%. Dengan demikian pengembangan soal berbasis HOTS ini dapat dikembangkan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pembelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan dengan soal berbasisi HOTS. Hasil pengembangan diharapkan membantu guru dalam melakukan penilaian berbasis HOTS dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa guna menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | HOTS; Dasar-Dasar Ketenagalistrikan; Teknik Instalasi Tenaga Listrik; Instrumen Tes; Model ADDIE |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:46 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63925 |