Munthe, Azmi Fadhilah (2024) PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311009_Cover.pdf
Download (193kB)
2203311009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203311009_Abstrak.pdf
Download (133kB)
2203311009_Kata_Pengantar.pdf
Download (198kB)
2203311009_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
2203311009_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
2203311009_BAB_I.pdf
Download (447kB)
2203311009_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (612kB)
2203311009_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (973kB)
2203311009_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
2203311009_BAB_V.pdf
Download (124kB)
2203311009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (257kB)
2203311009_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam memahami isi teks fabel dengan menggunakan metode talking stick; 2) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam memahami isi teks fabel dengan menggunakan metode talking stick berbantuan media teka-teki silang; 3) Pengaruh metode talking stick berbantuan media teka-teki silang terhadap kemampuan memahami isi teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 166 orang. Sampel terdiri dari 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa essay. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam memahami isi teks fabel menggunakan metode talking stick termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata mencapai 78. Hal ini
menunjukkan nilai rata-rata kemampuan siswa sudah mencapai KKM yaitu 75; 2)Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dalam memahami isi teks fabel menggunakan metode talking stick berbantuan media teka-teki silang
mengalami peningkatan dan termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata mencapai 88,16. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t
diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 3,35>2,04, sehingga hipotesis
nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode talking stick berbantuan media teka-teki silang terhadap kemampuan memahami isi teks fabel pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Talking Stick; Media Teka-Teki Silang; Memahami; Isi Teks Fabel |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:33 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 04:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63923 |
