Pinem, Diandra Aurora (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Games Education Dengan Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMKS Sinar Husni Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5191151017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Cover.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 5191151017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 5191151017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 5191151017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Abstrak.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Isi.pdf
Download (461kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Tabel.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_I.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_I.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5191151017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_BAB_V.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 5191151017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 5191151017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5191151017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di lingkungan SMKS Sinar Husni Medan, khususnya jurusan RPL pada kelas 10. Adapun permasalahan yang ditemukan ialah permasalahan pembelajaran dimana dalam proses pelaksanaan pembelajarannya, SMKS sinar husni Medan kurang adanya media belajar yang imajinatif. Kurangnya media ajar dikarenakan belum adanya kesediaan bahan ajar terpadu di SMKS Sinar Husni, sehingga peserta didik sekedar berpusat kepada guru saja. Selain itu, proses pembelajaran di kelas juga kurang menarik. Oleh karena itu, dikembangkanlah sebuah media pembelarajan game education yang berpusat untuk mengakomodasi pelajar dalam memahami materi belajar, menjadi sumber belajar bagi pelajar dan membuat prosedur belajar jadi lebih bervariasi. Studi ini bertujuan untuk memperoleh data berdasarkan kelayakan dan efektivitas media pembelajaran Games Education pada mata pelajaran Sistem Komputer di kelas X RPL di SMKS Sinar Husni Medan. Pengembangan dan penelitian ini menggunakan model RAD (Rapid Application Development). Pada penelitian ini, dibuat tes kelayakan oleh 2 ahli media memperoleh data 3,62 dengan kategori ”Layak” dilanjut dengan 2 ahli materi dengan memperoleh data 4,28 kategori “Sangat Layak” dengan memperoleh data serta diiringi dengan akseptansi siswa.Hasilnya, pengujian aksepbilitas mendapatkan nilai pada rentang 4,50 danmemenuhikriteria “Sangat Layak”. Selain itu dilakukan juga uji efektivitas guna mengetahui tingkat kefektifan produk. Uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan uji N-Gain pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasilnya, kelas kontrol memperoleh skor 0,27 atau 27%, sedangkan kelas eksperimen memperoleh skor 0,75 atau 75%. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dan pengaruh positif yang lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sistem komputer, Media Pembelajaran, Game education |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63922 |