Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-learning Terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2024/2025

Ramadhani, Fadhillah (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-learning Terhadap Hasil Belajar Konsentrasi Keahlian Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5201131005_Cover.pdf] Text
5201131005_Cover.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 5201131005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5201131005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 5201131005_Kata_Pengantar.pdf] Text
5201131005_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 5201131005_Abstrak.pdf] Text
5201131005_Abstrak.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5201131005_Daftar_Isi.pdf] Text
5201131005_Daftar_Isi.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5201131005_Daftar_Tabel.pdf] Text
5201131005_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 5201131005_Daftar_Gambar.pdf] Text
5201131005_Daftar_Gambar.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 5201131005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5201131005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 5201131005_BAB_I.pdf] Text
5201131005_BAB_I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 5201131005_BAB_II.pdf] Text
5201131005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5201131005_BAB_III.pdf] Text
5201131005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[thumbnail of 5201131005_BAB_IV.pdf] Text
5201131005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[thumbnail of 5201131005_BAB_V.pdf] Text
5201131005_BAB_V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5201131005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5201131005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 5201131005_Lampiran.pdf] Text
5201131005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Learning pada kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). 2) Hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis buku cetak pada kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). 3) Hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-Learning lebih tinggi dari menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis buku cetak pada kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Desain penelitian ini adalah Cluster Random Sampling dengan model Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, yaitu kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 dengan jumlah seluruh siswa 57 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen 1. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis data kognitif diperoleh thitung = 2,423 dan ttabel = 2,004 sedangkan perhitungan uji hipotesis data psikomotorik diperoleh thitung = 7,617 dan ttabel = 2,004, maka nilai thitung > ttabel yaitu 2,423 > 2,004 dan 7,617 > 2,004, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima dan menolak hipotesis nol (Ho). Maka dapat disimpulkan hasil belajar menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan E-learning lebih tinggi dari hasil belajar menggunakan Model Problem Based Learning berbasis Buku Cetak di kelas XI TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Eksperimen Semu; PBL E-learning; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:42
Last Modified: 18 Jul 2025 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63920

Actions (login required)

View Item
View Item