Susanti, Fitri (2012) PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313113 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
108313113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
108313113 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
108313113 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
108313113 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
108313113 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313113 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313113 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
108313113 BAB I.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
108313113 BAB V.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
108313113 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
Abstract
menggunakan Metode Latihan Bersrtuktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan metode Latihan Berstruktur. Metode latihan berstruktur merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan berstruktur terhadap materi apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh keterampilan tertentu.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan metode Latihan Berstruktur. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 3 siswa (12% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 22 siswa (88% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 45. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 15 siswa (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 10 siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 66. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 21 siswa (84%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76.
Berdasarkan Hasil Observasi yang dilakukan, Pada Observasi kegiatan guru siklus I nilai yang diperoleh adalah 75 dan siklus II adalah 83, sedangkan Pada Observasi kegiatan siswa siklus I diproleh nilai 75 dan siklus II nilai yang diperoleh adalah 80 dan 77,5. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Latihan Berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Latihan Berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan. menggunakan Metode Latihan Bersrtuktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode latihan berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan metode Latihan Berstruktur. Metode latihan berstruktur merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan berstruktur terhadap materi apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh keterampilan tertentu.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan metode Latihan Berstruktur. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 3 siswa (12% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 22 siswa (88% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 45. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 15 siswa (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 10 siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 66. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 21 siswa (84%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76.
Berdasarkan Hasil Observasi yang dilakukan, Pada Observasi kegiatan guru siklus I nilai yang diperoleh adalah 75 dan siklus II adalah 83, sedangkan Pada Observasi kegiatan siswa siklus I diproleh nilai 75 dan siklus II nilai yang diperoleh adalah 80 dan 77,5. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Latihan Berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106164 Sambirejo Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Latihan Berstruktur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sus p |
Keywords: | Metode Latihan berstruktur; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6390 |