Gultom, Ahmad Ridho (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) Dengan Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5193131028_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Cover.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 5193131028_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (590kB)
![[thumbnail of 5193131028_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Kata_Pengantar.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 5193131028_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Abstrak.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 5193131028_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Daftar_Isi.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 5193131028_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 5193131028_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 5193131028_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 5193131028_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_BAB_I.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 5193131028_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193131028_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5193131028_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (918kB)
![[thumbnail of 5193131028_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_BAB_V.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 5193131028_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5193131028_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5193131028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bahwa siswa belum dapat menentukan jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran mereka, sebagian siswa cenderung malas mengkuti pemebelajaran dan adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini digunakan sangat membosankan sehingga siswa kurang antusius untuk mengikuti pembelajaran dikelas X TITL khususnya pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran. Maka diperlukan perubahan model pembelajaran yang cocok digunakan bagi siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar ketenagalistrikan dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar ketenagalistrikan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. 3) Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar yang menggunakan model Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design) yaitu diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen kemudian diberikan post-test untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TITL 3 SMK N 2 Medan T.A 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) memperoleh skor rata-rata yaitu 78,62 dengan tingkat kecendrungan hasil belajar cukup, dengan skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 93,24 dan skor terendah adalah 59,94 dengan standar deviasi 8,94 dan varians 80,01. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TITL 4 SMK N 2 Medan T.A 2023/2024 dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), diperoleh skor rata-rata 69,09 dengan tingkat kecendrungan rendah. Skor tertinggi yang diperoleh siswa adalah 83,25 dan skor terendah adalah 49,95, dengan standar deviasi 9,63 dan varians 92,75. (3 Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TITL 3 SMK N 2 Medan T.A 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL). Dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,349 > 1,666, maka artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Self Directed Learning (SDL); Dasar-dasar teknik ketengalistrikan; alat ukur dan alat uji kelistrikan |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63893 |