Angkat, Saskia Aulia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas V SD Negeri 104201 Kolam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213111039_Cover.pdf
Download (108kB)
1213111039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1213111039_Kata_Pengantar.pdf
Download (218kB)
1213111039_Abstrak.pdf
Download (165kB)
1213111039_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
1213111039_Daftar_Tabel.pdf
Download (137kB)
1213111039_Daftar_Gambar.pdf
Download (135kB)
1213111039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (73kB)
1213111039_BAB_I.pdf
Download (355kB)
1213111039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (812kB)
1213111039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (893kB)
1213111039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213111039_BAB_V.pdf
Download (190kB)
1213111039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (257kB)
1213111039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media berbasis teknologi yang belum optimal, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, kepraktisan dan menguji efektivitas media pembelajaran augmented reality berbasis assembler edu untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada konten IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 104201 Kolam berjumlah 26 siswa dengan 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Uji Kelayan mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli media diperoleh persentase 92% dan validator ahli materi diperoleh persentase 81% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Uji Kepraktisan oleh guru kelas V diperoleh persentase 90% dengan kategori “Sangat Praktis” 3) Uji Keefektifan diperoleh nilai pre test sebesar 60,96 dengan kriteria “Tidak Tuntas” dan post test sebesar 83,07 dengan kriteria “Tuntas”. Berdasarkan hasil temuan tersebut diharapkan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality dan menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penegembangan media pembelajaran; Pembelajan IPA; Siswa sekolah dasar; Media teknologi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:51 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63892 |
