Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas V SD Negeri 104201 Kolam

Angkat, Saskia Aulia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas V SD Negeri 104201 Kolam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111039_Cover.pdf] Text
1213111039_Cover.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 1213111039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111039_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111039_Kata_Pengantar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1213111039_Abstrak.pdf] Text
1213111039_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1213111039_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111039_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1213111039_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111039_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1213111039_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111039_Daftar_Gambar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1213111039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1213111039_BAB_I.pdf] Text
1213111039_BAB_I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1213111039_BAB_II.pdf] Text
1213111039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[thumbnail of 1213111039_BAB_III.pdf] Text
1213111039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[thumbnail of 1213111039_BAB_IV.pdf] Text
1213111039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111039_BAB_V.pdf] Text
1213111039_BAB_V.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1213111039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 1213111039_Lampiran.pdf] Text
1213111039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan media berbasis teknologi yang belum optimal, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, kepraktisan dan menguji efektivitas media pembelajaran augmented reality berbasis assembler edu untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada konten IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan 5 tahapan model ADDIE yaitu analisis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 104201 Kolam berjumlah 26 siswa dengan 16 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Uji Kelayan mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli media diperoleh persentase 92% dan validator ahli materi diperoleh persentase 81% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Uji Kepraktisan oleh guru kelas V diperoleh persentase 90% dengan kategori “Sangat Praktis” 3) Uji Keefektifan diperoleh nilai pre test sebesar 60,96 dengan kriteria “Tidak Tuntas” dan post test sebesar 83,07 dengan kriteria “Tuntas”. Berdasarkan hasil temuan tersebut diharapkan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality dan menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penegembangan media pembelajaran; Pembelajan IPA; Siswa sekolah dasar; Media teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:51
Last Modified: 18 Jul 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63892

Actions (login required)

View Item
View Item