Silviana, Theresia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Trefingger Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB Pada Mata Pelajaran Project Kreatif dan Kewirausahaan (PKKW) Di SMKN 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202411002_Cover.pdf
Download (159kB)
5202411002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (875kB)
5202411002_Kata_Pengantar.pdf
Download (323kB)
5202411002_Abstrak.pdf
Download (332kB)
5202411002_Daftar_Isi.pdf
Download (352kB)
5202411002_Daftar_Tabel.pdf
Download (194kB)
5202411002_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
5202411002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (195kB)
5202411002_BAB_I.pdf
Download (544kB)
5202411002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (966kB)
5202411002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (917kB)
5202411002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (947kB)
5202411002_BAB_V.pdf
Download (311kB)
5202411002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (311kB)
5202411002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran trefingger terhadap hasil belajar siswa kelas XI DPIB mata Pelajaran project kreatif dan kewirausahaan (PKKW) di SMKN 2 Binjai. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI DPIB SMKN 2 Binjai yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa dimana masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu siswa kelas XI DPIB 1 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Quasi Eksperimental, dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap sampel yang diinginkan oleh peneliti. Intrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar dalam bentuk 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus N gain score yang kemudian dilanjutkan dengan “uji t”. Hasil analisis menunjukkkan hasil thitung = 5,274 > ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 29. Oleh karena thitung = 5,274 > ttabel = 1,671 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran trefingger memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI DPIB pada mata pelajaran PKKW di SMKN 2 Binjai tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar; Trefingger; PKKW |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:25 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:25 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63854 |
