-, Syaptudin (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Dengan Aplikasi Assmblr Studio Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Di Kelas XI SMKN 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202111004_Cover.pdf
Download (243kB)
5202111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (911kB)
5202111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (378kB)
5202111004_Abstrak.pdf
Download (615kB)
5202111004_Daftar_Isi.pdf
Download (249kB)
5202111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (214kB)
5202111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
5202111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
5202111004_BAB_I.pdf
Download (719kB)
5202111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202111004_BAB_V.pdf
Download (305kB)
5202111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (486kB)
5202111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Di era pembelajaran modern yang menuntut fleksibilitas, siswa perlu mengembangkan kemampuan belajar mandiri mengingat waktu tatap muka di kelas yang terbatas. Untuk mendukung kemandirian belajar tersebut, kehadiran media pembelajaran yang inovatif menjadi suatu kebutuhan yang tidak terelakkan. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan yang diterapkan di kelas XI 1 DPIB SMK N 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengukur efektivitas dan kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality ini dalam mendukung proses belajar mandiri siswa kelas XI 1 DPIB SMK N 1 Percut Sei Tuan. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan fokus pada siswa kelas XI 1 jurusan Konstruksi Jalan dan Jembatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur validitas media dari perspektif ahli media, ahli materi, dan pengguna (siswa/siswi). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan mencakup materi tentang bagian-bagian jalan dan bahan perkerasan jalan. Berdasarkan hasil pengujian, kelayakan media oleh ahli materi memperoleh skor 4,2 (kategori "layak"), sedangkan hasil penilaian oleh ahli media menghasilkan skor 4,7 (kategori “sangat layak”). Hasil uji coba produk oleh pengguna menunjukkan skor 4,32 (kategori "sangat layak"). Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality ini "layak" digunakan sebagai media belajar bagi siswa kelas XI 1 DPIB di SMK N 1 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Augmented reality, Konstruksi jalan dan jembatan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:34 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 02:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63852 |
