PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII DI SMP YPI DELITUA

Padang, Nurjannah Br. (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII DI SMP YPI DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151012_Cover.pdf] Text
4201151012_Cover.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4201151012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4201151012_Abstrak.pdf] Text
4201151012_Abstrak.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4201151012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151012_Kata_Pengantar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4201151012_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151012_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4201151012_BAB_I.pdf] Text
4201151012_BAB_I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4201151012_BAB_II.pdf] Text
4201151012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[thumbnail of 4201151012_BAB_III.pdf] Text
4201151012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of 4201151012_BAB_IV.pdf] Text
4201151012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[thumbnail of 4201151012_BAB_V.pdf] Text
4201151012_BAB_V.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4201151012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4201151012_Lampiran.pdf] Text
4201151012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen dengan disain two group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII SMP YPI Delitua sebanyak 4 kelas T.A 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 126 orang. Sampel penelitian diambil dari dua kelas yakni kelas eksperimen VII-3 dan kelas kontrol VII-2 dengan jumlah masing-masing 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi dan diobservasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil belajar kelas eksperimen dengan media pembelajaran berbasis lingkungan diperoleh rata-rata pretest sebesar 39,8 dan nilai rata-rata posttest dengan nilai 88,33. Kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata pretest berjumlah 38,5 dan nilai rata-rata posttest 81. Hasil uji t dengan taraf signifikan � = 0,05 diperoleh �ℎ�����>������ (5,42>1,671) dimana terdapat perbedaan nilai rata-rata kedua kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.4 Pad p
Keywords: Media pembelajaran; Lingkungan; Interaksi makhluk hidup; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jul 2025 05:18
Last Modified: 17 Jul 2025 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63845

Actions (login required)

View Item
View Item