Putri, Nadila Tria (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5203111024_Cover.pdf
Download (360kB)
5203111024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (540kB)
5203111024_Kata_Pengantar.pdf
Download (369kB)
5203111024_Abstrak.pdf
Download (423kB)
5203111024_Daftar_Isi.pdf
Download (363kB)
5203111024_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
5203111024_Daftar_Gambar.pdf
Download (278kB)
5203111024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (307kB)
5203111024_BAB_I.pdf
Download (726kB)
5203111024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203111024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203111024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5203111024_BAB_V.pdf
Download (334kB)
5203111024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (386kB)
5203111024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada kelas X Program Keahlian DPIB SMK Negeri 2 Medan . berdasarkan nilai ulangan harian Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai standar KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini.Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal siklus I sebanyak 20 butir soal dan siklus II sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,43% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu diperoleh 92,86%. Maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II sebesar 21,43%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization; Peningkatan Hasil Belajar; Dasar Dasar Konstruksi Bangunan – Ilmu Ukur Tanah SMK Negeri 2 Medan |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:18 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63839 |
