Lubis, Melianti (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V MIS AL-KIIAIRAT DELI TUA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311043 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
1104311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
1104311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1104311043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
1104311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1104311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1104311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1104311043 BAB I.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1104311043 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ml dilaksanakan di MIS AL-KHAIRAT DELI TUA, jenis penelitian mi adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan sasaran utama untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa terhadap pelajaran Sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V MIS AL-KHAJRAT DELI TUA.Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan minat belajar Sains siswa pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V MIS AL-KHAIRAT DELl TUA T.A 2011/2012 ?“Junilah subjek penelitian mi sebanyak 25 orang siswa kelas V MIS AL-KHAIRAT DELI TUA, dimana kegiatan dilakukan pada saat pembelajaran Sains berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam peneiltian mi, peneliti melakukan observasi terhadap siswa setiap sikius dan memberi angket kepada siswa setiap sikius agar peneliti mengetahui minat siswa bertambah atau tidak dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri.Dari hasil observasi dan angket pada siklus I meningkatnya minat belajar siswa dalam pelajaran Sains pokok han sifat-sifat cahaya dengan nilai tertinggi minat siswa 75 sebanyak 12 orang siswa (48%) dan nilai terandah 50 sebanyak 7 orang siswa yang meniiliki minat kurang (28%). Kemudian hasil observasi dan angket siswa pada sikius II diperoleh persentase peningkatan minat belajar siswa dalam pelajaran Sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya nilai tertinggi minat belajar siswa 90 sangat tinggi 4 siswa (16%), minat tinggi 18 siswa (72%), minat cukup 3 siswa (12%) dan tidak ada yang memiliki minat kurang.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas V MIS AL-KHAIRAT DELI TUA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pe,mbelajaran Konstruktivisme; Pelajaran IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6381 |