Panggabean, Immanuel (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DPIB Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202411004_Cover.pdf
Download (527kB)
5202411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5202411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (794kB)
5202411004_Abstrak.pdf
Download (616kB)
5202411004_Daftar_Isi.pdf
Download (854kB)
5202411004_Daftar_Tabel.pdf
Download (550kB)
5202411004_Daftar_Gambar.pdf
Download (511kB)
5202411004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (535kB)
5202411004_BAB_I.pdf
Download (873kB)
5202411004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202411004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5202411004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202411004_BAB_V.pdf
Download (598kB)
5202411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (623kB)
5202411004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu nilai 75, pemahaman siswa pada mata pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung belum optimal, dan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh secara signifikan penggunaan dari media Augmented Reality (AR) daripada media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI DPIB pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2024/2025 semester ganjil. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi experimental, dengan populasi sampel penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) di SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2024/2025 semester ganjil yang terdiri dari 2 kelas dengan total 60 siswa, yaitu siswa kelas XI DPIB 1 sebagai kelas kontrol menggunakan media video pembelajaran dan siswa kelas XI DPIB 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan media Augmented Reality (AR). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel non-probabilitas atau sampel acak dengan teknik purposive sampling. Data hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen tes berupa pilihan berganda hasil belajar pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis (uji-t satu pihak). Hasil dari penelitian ini menunjukkan perolehan nilai hasil pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58 melalui tabel distribusi yaitu ttabel = 1,6715 dan diperoleh thitung = 3,2201 (thitung > ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diperoleh maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dapat memberikan pengaruh secara signifikan yang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran; Augmented Reality (AR); DPIB |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:55 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63807 |
