Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar - Dasar Dpib Program Keahlian Dpib Siswa Kelas X Smk N 1 Lubuk Pakam

Lumbantoruan, Evendi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar - Dasar Dpib Program Keahlian Dpib Siswa Kelas X Smk N 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5203311005_Cover.pdf] Text
5203311005_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5203311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5203311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 5203311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
5203311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 5203311005_Abstrak.pdf] Text
5203311005_Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 5203311005_Daftar_Isi.pdf] Text
5203311005_Daftar_Isi.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 5203311005_Daftar_Tabel.pdf] Text
5203311005_Daftar_Tabel.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5203311005_Daftar_Gambar.pdf] Text
5203311005_Daftar_Gambar.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5203311005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5203311005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5203311005_BAB_I.pdf] Text
5203311005_BAB_I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 5203311005_BAB_II.pdf] Text
5203311005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203311005_BAB_III.pdf] Text
5203311005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5203311005_BAB_IV.pdf] Text
5203311005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 5203311005_BAB_V.pdf] Text
5203311005_BAB_V.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 5203311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5203311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5203311005_Lampiran.pdf] Text
5203311005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Sampel penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berjumlah 35 siswa dan sebagai kelas perlakuan model pembelajaran Direct Instruction adalah kelas X DPIB 1 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen merupakan desain pre-test, pembelajaran dan post-test. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar dasar-dasar desain pemodelan dan informasi bangunan dari 35 butir soal yang diujicobakan diperoleh 30 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,903 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan uji hipotesis (uji t) hasil belajar, diperoleh �ℎ����� = 6,502 dan ������ = 1,667 (�ℎ����� > ������) pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 69. Sehingga, �� diterima dan �0 ditolak, yang berarti bahwa hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi pihak sekolah dan guru dalam meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual; Direct Instruction; Hasil Belajar; DDDPIB
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:51
Last Modified: 17 Jul 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63803

Actions (login required)

View Item
View Item