Syahputra, Ryandi (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X TSM Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian Di SMK Swasta Setia Budi Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5202122003_Cover.pdf
Download (253kB)
5202122003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5202122003_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5202122003_Abstrak.pdf
Download (239kB)
5202122003_Abstrak.pdf
Download (239kB)
5202122003_Daftar_Isi.pdf
Download (241kB)
5202122003_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
5202122003_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
5202122003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
5202122003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
5202122003_BAB_I.pdf
Download (698kB)
5202122003_BAB_I.pdf
Download (698kB)
5202122003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5202122003_BAB_III.pdf
Download (851kB)
5202122003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (851kB)
5202122003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (624kB)
5202122003_BAB_V.pdf
Download (382kB)
5202122003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (519kB)
5202122003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar siswa kelas X TSM SMK Swasta Setia Budi Binjai pada mata pelajaran dasar program keahlian dipengaruhi oleh implementasi kurikulum merdeka belajar. Kuesioner gaya Likert digunakan untuk mengumpulkan data mengenai kedua variabel sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif yang diambil dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 80 siswa sebagai sampel, rumus slovin digunakan dalam perhitungan sampel dengan 5% tingkat kesalahan dari populasi 100 siswa. Korelasi product moment sebagai penguji validitas intrumen, sementara rumus alpha cronbach sebagai penguji reliabilitas. Regresi linier sederhana dan berbantuan perangkat lunak SPSS 26.0 digunakan sebagai analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi antara implementasi kurikulum merdeka belajar dan motivasi belajar adalah Y = 92,310 + (-0,370)X dan nilai koefisien korelasinya sebesar (-0,389) dengan (Sig) = (0,000 < 0,05). Analisis regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel = (13,916 > 3,96) taraf signifikansi 5% dan Sig (0,000 < 0,05), maka Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh negatif atau berlawanan antara implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar, yang artinya seiring dengan meningkatnya implementasi kurikulum merdeka belajar, maka motivasi belajar mengalami penurunan begitu juga sebaliknya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Motivasi Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:54 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63802 |
