Siahaan, Ema Angel Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183111017_Cover.pdf
Download (110kB)
5183111017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (881kB)
5183111017_Kata_Pengantar.pdf
Download (946kB)
5183111017_Abstrak.pdf
Download (329kB)
5183111017_Daftar_Isi.pdf
Download (377kB)
5183111017_Daftar_Tabel.pdf
Download (264kB)
5183111017_Daftar_Gambar.pdf
Download (220kB)
5183111017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (264kB)
5183111017_BAB_I.pdf
Download (620kB)
5183111017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5183111017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5183111017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5183111017_BAB_V.pdf
Download (352kB)
5183111017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (299kB)
5183111017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT serta melihat karakteristik siswa yang memilki motivasi kerja tinggi dan motivasi kerja rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 berjumlah 32 siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 33 siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen motivasi kerja diperoleh 19 butir yang valid dari 25 butir angket yang di uji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0.892 yang artinga tergolomng sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar konstruksi jalan dan jembatan diperoleh 25 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,923 yang tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 4,22 > Ftabel = 3,99 pada tarf signifikan α = 0,05. Tingkat motivasi kerja siswa pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 7,08> Ftabel = 3,99. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tingkat motivasi kerja terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 12,77 > Ftabel = 3,99.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Konstruksi jalan; Model pembelajaran; Motivasi kerja |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:43 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63796 |
