SIMATUPANG, ELZA MELANY (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Siswa Kelas X DPIB DI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 5203111030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Cover.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 5203111030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (595kB)
![[thumbnail of 5203111030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Kata_Pengantar.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of 5203111030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Abstrak.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Isi.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Isi.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Tabel.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 5203111030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_BAB_I.pdf
Download (534kB)
![[thumbnail of 5203111030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5203111030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
![[thumbnail of 5203111030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_BAB_V.pdf
Download (437kB)
![[thumbnail of 5203111030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (414kB)
![[thumbnail of 5203111030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5203111030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan masih rendah, dengan banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan. Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB dan bagaimana siswa belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB di Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun akademik 2024/2025. Ada siswa yang belum mencapai nilai 70 yang ditetapkan sekolah, yang berarti perlu ada inovasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan empat komponen penelitian tindakan, yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi,dan Refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang mana pada siklus I terdapat 22 butir soal dan pada siklus II sebanyak 23 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid, yang dimana pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75,51 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata 80,96 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus II sebesar 26,08%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Example Non Example; Peningkatan Hasil Belajar; DPIB |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63792 |