Fazilla, Sarah (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Doctoral thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8216183002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Cover.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 8216183002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of 8216183002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Abstrak.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 8216183002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Kata_Pengantar.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of 8216183002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 8216183002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Daftar_Tabel.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 8216183002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 8216183002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of 8216183002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_BAB_I.pdf
Download (616kB)
![[thumbnail of 8216183002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8216183002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 8216183002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8216183002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_BAB_V.pdf
Download (399kB)
![[thumbnail of 8216183002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 8216183002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8216183002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kehadiran tenaga pendidik yang terampil dan berpengetahuan serta memiliki pemahaman mendalam terhadap mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di era revolusi industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Model Pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK dalam meningkatkan kompetensi profesional mahasiswa calon guru Sekolah Dasar pada materi IPA. Penelitian ini menggunakan metode Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp, Subyek penelitian melibatkan 62 mahasiswa calon guru pada jurusan PGMI IAIN Lhokseumawe. Untuk pengembangan model pembelajaran project-based learning berbasis TPACK menghasilkan produk berupa Buku Model dan perangkat perkuliahan (RPS, Buku Dosen, Buku Mahasiswa dan Lembar Kerja Mahasiswa). Hasil Analisis hasil validasi ahli menunjukkan produk valid dengan nilai rata – rata 3,97, untuk perangkat didapatkan valid untuk digunakan dengan sedikit revisi yaitu rata – rata nilai untu RPS sebesar 3,94, buku dosen 3,9, buku mahaisswa 3,94 dan LKM sebesar 3,86. Lebih lanjut hasil uji kepraktisan model didapatkan nilai 3,84 artinya model siap di implementasikan, didukung dengan nilai respon positif dari dosen mahasiswa sebesar 77,58. Untuk hasil uji keefektifan model pembelajaran project based learning berbasis TPACK didapatkan nilai hasil tes uji kompetensi professional dengan nilai rata – rata postes sebesar 91,6 dan nilai N-gain 0,77, keefektifan model juga didukung dengan hasil uji one sample t test didapatkan nilai t hitung > t tabel (22,908 > 1,670) dan nilai Sig. (1-tailed) artinya model pembelajaran Project based learning berbasis TPACK efektif ditinjau dari kompetensi professional mahasiswa calon guru serta efektif digunakan. Hasil uji kompetensi professional mahasiswa calon guru sekolah dasar terbukti efektif dan termasuk ke dalam kategori tinggi dengan nilai rata – rata N-Gain sebesar 0,77 (77%) dan didukung hasil observasi 68% mahasiswa pada kategori baik. Studi ini memberikan kontribusi berharga peningkatan kualitas mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan pengembangan pedagogi ynag inovatif untuk mempersiapkan pendidik dalam menghadapi tantangan ruang kelas yang beragam dan dinamis saat ini dan masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 Faz p |
Keywords: | Project Based Learning, TPACK, Kompetensi Profesional, Mahasiswa Calon Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63775 |