Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Cognitive Distance untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik pada Sekolah Dasar di Lubuk Pakam

Putra, Roma (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Cognitive Distance untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik pada Sekolah Dasar di Lubuk Pakam. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8186184001_Cover.pdf] Text
8186184001_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 8186184001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8186184001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of 8186184001_Abstrak.pdf] Text
8186184001_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8186184001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8186184001_Kata_Pengantar.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 8186184001_Daftar_Isi.pdf] Text
8186184001_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8186184001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8186184001_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8186184001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8186184001_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8186184001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8186184001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8186184001_BAB_I.pdf] Text
8186184001_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8186184001_BAB_II.pdf] Text
8186184001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8186184001_BAB_III.pdf] Text
8186184001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[thumbnail of 8186184001_BAB_IV.pdf] Text
8186184001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 8186184001_BAB_V.pdf] Text
8186184001_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 8186184001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8186184001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 8186184001_Lampiran.pdf] Text
8186184001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan model Contextual Teaching Learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS). (2) kepraktisan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) , dan (3) efektifitas model Contextual Teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Borg dan Gall. Tahapan rancangan penelitian terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan berbagai informasi melalui observasi pada lokasi penelitian, wawancara dengan guru kelas, angket untuk uji kelayakan materi dan kelayakan desain, angket respon guru, angket untuk siswa yang digunakan pada saat melakukan uji produk pada kelompok kecil serta tes untuk menilai efektifitas penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatan higher order thinking skill (HOTS). Model pembelajaran ini dikembangkan lalu diuji kelayakan oleh ahli materi dan ahli desain. Pengembangan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan HOTS pada materi ajar keanekaragaman budaya bangsaku telah memenuhi kriteria „sangat layak‟ dengan menggunakan penilaian validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 93% dan validasi ahli desain memperoleh persentase sebesar 91% dengan kategori „Sangat Layak‟. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan HOTS pada materi ajar keanekaragaman budaya bangsaku yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis untuk digunakan. Respon guru menunjukkan perolehan persentase 94,87% dengan kategori „Sangat Praktis‟ dan perolehan persentase respon siswa mencapai 88,57% dengan kategori “sangat praktis”. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance untuk meningkatkan HOTS materi ajar keanekaragaman budaya bangsaku yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Meningkatnya HOTS siswa dilihat dari peningkatan hasil pretest dan post-test dan ketuntasan belajar dengan nilai persentase untuk pre test 81,0% dan post test dengan persentase 88,8%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance, dan model contextual teaching and learning (CTL) berbasis cognitive distance efektif untuk digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.9 Put p
Keywords: Pengembangan, Program Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, High Order Thinking, Pembelajaran Sejarah dan Kebudayaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:50
Last Modified: 16 Jul 2025 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63774

Actions (login required)

View Item
View Item