Tampubolon, Lantika Yuliana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD SWASTA GKPS JALAN MAPILINDO MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113039 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108113039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
108113039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108113039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108113039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
108113039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108113039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
108113039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108113039 BAB I.pdf - Published Version
Download (20MB) | Preview
108113039 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108113039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, peneliti menemukan masalah- masalah yang terjadi selama proses belajar- mengajar berlangsung. Adapun masalah- masalah yang ditemukan yaitu: metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah, kondisi lingkungan yang kurang kondusif, guru bertindak sebagai satu – satunya sumber belajar, dan siswa mengantuk dalam belajar IPA. Untuk itu yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini “ Apakah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan Tahun Ajaran 2012/2013”. Penelitian ini bertujuan untuk : “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan T.A 2012/2013”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan yang berjumlah 24 siswa. Yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki- laki Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan tumbuhan hijau di Kelas V SD Swasta GKPS Jalan Mapilindo Medan . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 17 siswa (70,83%) yang belum tuntas belajar, 7 orang (29,17%) yang tuntas belajar dengan nilai rata – rata 43,75. Pada siklus I terdapat 8 siswa (33,33%) yang belum tuntas belajar, 16 siswa (66,67%) yang tuntas belajar dengan nilai rata – rata 73,33, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : 22 siswa (91,67%) yang tuntas belajar, 2 siswa ( 8,33%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata – rata 85,83. Maka, kesimpulannya adalah metode pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan mampu bekerja sama serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Saran bagi guru- guru supaya dapat menggunkan model pembelajaran ini pada pokok bahasan tumbuhan hijau, agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Tam m |
Keywords: | IPA;Belajar;Metode;Pembelajaran;Teaching |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6375 |