Muzakki, Rifqi Iqbal (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Android Pada Teori Sistem Engine Kendaraan Ringan Kelas Xi Di Smk N 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183122029_Cover.pdf
Download (53kB)
5183122029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (473kB)
5183122029_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
5183122029_Abstrak.pdf
Download (253kB)
5183122029_Daftar_Isi.pdf
Download (228kB)
5183122029_Daftar_Tabel.pdf
Download (98kB)
5183122029_Daftar_Gambar.pdf
Download (101kB)
5183122029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (100kB)
5183122029_BAB_I.pdf
Download (368kB)
5183122029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (741kB)
5183122029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (780kB)
5183122029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5183122029_BAB_V.pdf
Download (216kB)
5183122029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
5183122029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan antara lain: 1. Mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Lectora Inspire. 2. Mengukur kelayakan media pembelajaran berbasis android menggunakan Lectora Inspire . 3. Menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android menggunakan Lectora Inspire di kelas XI TKR SMK Negeri 4 Medan pada teori sistem engine kendaraan ringan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Medan, dengan sampel penelitian siswa kelas XI TKR. Metode Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan model penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini yang diperoleh dalam menguji tingkat kelayakan media pembelajaran lectora inspire berdasarkan validasi dari ahli materi bahwa hasil rata-rata mendapatkan nilai 3,78 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak”, berdasarkan validasi ahli media bahwa hasil rata-rata mendapatkan nilai 3,74 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” dan ahli desain pembelajaran bahwa hasil rata-rata mendapatkan nilai 3,70 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak”. kemudian tahap berikut nya yaitu tahap one to one memperoleh nilai rata-rata keseluruhan mendapatkan nilai 3,73 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” dan tahap skala kecil memperoleh hasil rata-rata keseluruhan mendapatkan nilai 3,63 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” dan uji coba skala besar bahwa hasil rata-rata keseluruhan mendapatkan nilai 3,66 dan termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” dan penelitian ini mengukur keefektivitas media pembelajaran lectora inspire menunjukan nilai pre-test sebesar 37,00 dan nilai post-test 85,71 dengan meningkatnya hasil belajar sebesar 48,71, kemudian nilai N-Gain sebesar 0,77 dengan memperoleh kategori tinggi dan persentase 76,86% dengan kategori efektif. Kemudian menunjukan bahwasanya media pembelajaran media pembelajaran lectora inspire berbasis android sangat layak dan efektif digunakan oleh peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, lectora inspire, kelayakan, efektivitas |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:06 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 04:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63743 |
