Priono, Rizka Fadhilah (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Alat Musik Daerah Kelas IV SDN 060826 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213311149_Cover.pdf
Download (340kB)
1213311149_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (419kB)
1213311149_Kata_Pengantar.pdf
Download (363kB)
1213311149_Abstrak.pdf
Download (464kB)
1213311149_Daftar_Isi.pdf
Download (327kB)
1213311149_Daftar_Tabel.pdf
Download (263kB)
1213311149_Daftar_Gambar.pdf
Download (264kB)
1213311149_Daftar_Lampiran.pdf
Download (289kB)
1213311149_BAB_I.pdf
Download (690kB)
1213311149_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311149_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (947kB)
1213311149_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
1213311149_BAB_V.pdf
Download (297kB)
1213311149_Daftar_Pustaka.pdf
Download (406kB)
1213311149_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi Mengenal Alat Musik Daerah Sumatera Utara di kelas IV SDN 060826 Medan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik, termasuk uji normalitas, homogenitas, linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen, sebanyak 88,89% siswa mencapai kelulusan setelah posttest, sedangkan pada kelas kontrol hanya 75%
siswa yang lulus. Berdasarkan hasil uji t (Independent Samples Test), diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,022. Karena nilai signifikansi lebih kecil
dari 0,05, maka H₀ ditolak (0,022<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen
setelah menggunakan media pembelajaran Wordwall.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Mengenal alat musik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:00 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 04:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63740 |
