Alfianda, Rheza (2024) Pengembangan Modul Power Steering Pada Sistem Kemudi Mata Pelajaran Chasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Untuk Kelas XI TKR Di SMK Negeri 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173122017_Cover.pdf
Download (62kB)
5173122017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (300kB)
5173122017_Kata_Pengantar.pdf
Download (73kB)
5173122017_Abstrak.pdf
Download (65kB)
5173122017_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
5173122017_Daftar_Tabel.pdf
Download (81kB)
5173122017_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
5173122017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
5173122017_BAB_I.pdf
Download (442kB)
5173122017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
5173122017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
5173122017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (931kB)
5173122017_BAB_V.pdf
Download (127kB)
5173122017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (126kB)
5173122017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa
modul sistem sistem kemudi (power steering) pada mata pelajaran chasis dan pemindah
tenaga kendaraan ringan diSMKNegeri 4 medan yang dapat digunakan untuk mendukung
pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam penyampaian materi pembelajaran.
Selain itu tujuan pengembangan media pembelajaran ini ialah untuk mengetahui
kelayakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa modul sistem kemudi (power
steering), dengan persentase kelayakan: (1) tingkat kelayakan modul sistem kemudi
(power steering) berdasarkan penilaian ahli materi; (2) tingkat kelayakan modul sistem
kemudi (power steering) berdasarkan penilaian ahli media ; (3) tingkat kelayakan modul
sistem kemudi (power steering) berdasarkan penilaian ahli desain pembelajaran; (4)
respon siswa terhadap modul sistem kemudi (power steering). Sampel penelitian terdiri
dari 26 peserta didik kelasXI TKR I. Penelitian ini termasuk Research and Development
menggunakan model 4D. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelayakan modul sistem
kemudi (power steering).
Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan ahli desain pembelajaran didapatkan
nilai rata-rata keseluruhan 4,30 dengan persentase kelayakan 86% yang terkategori sangat
layak. Hasil penilaian respon siswa terhadap modul sistem kemudi (power steering)
menunjukkan rata-rata keseluruhan 4,33 dengan persentase penilaian 87% yang
terkategori sangat layak
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, modul, power steering, sistem kemudi |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:35 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 03:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63732 |
