Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft sway Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan

Kiranti, Yugita (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft sway Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5181144007_Cover.pdf] Text
5181144007_Cover.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5181144007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5181144007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 5181144007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5181144007_Kata_Pengantar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 5181144007_Abstrak.pdf] Text
5181144007_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 5181144007_Daftar_Isi.pdf] Text
5181144007_Daftar_Isi.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 5181144007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5181144007_Daftar_Tabel.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 5181144007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5181144007_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5181144007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5181144007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 5181144007_BAB_I.pdf] Text
5181144007_BAB_I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 5181144007_BAB_II.pdf] Text
5181144007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5181144007_BAB_III.pdf] Text
5181144007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[thumbnail of 5181144007_BAB_IV.pdf] Text
5181144007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5181144007_BAB_V.pdf] Text
5181144007_BAB_V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5181144007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5181144007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 5181144007_Lampiran.pdf] Text
5181144007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya media pembelajaran yang membuat siswa masih belum memahami dalam teknik menganalisis wajah pada rias wajah geriatri, selanjutnya siswa masih belum tepat dalam menganilisis kosmetik yang wajib dan tidak wajib digunakan dalam rias wajah geriatri, serta Siswa masih belum tepat pada pengaplikasian koreksi wajah seperti mata, alis, bibir, dan menyamarkan keriput dalam rias wajah geriatri, hal tersebut membuat sebagian besar siswa belum tuntas dalam ulangan harian pada materi rias wajah geriatri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft sway Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Sasaran pengembangan media ini yaitu siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan dengan jumlah sampel 35 orang. Penelitian ini menggunakan 2 ahli materi dan 3 ahli media untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket kebutuhan siswa dan guru, angket validasi materi, angket validasi media, dan angket uji coba produk dengan teknik analisis data yaitu statistik deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa Media Pembelajaran Microsoft sway sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran yang sebenarnya di sekolah. Hal ini didapat dari hasil validasi materi sebesar 87% kategori “Sangat Layak”, validasi media sebesar 88% kategori “Sangat Layak” dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya uji coba kelompok sedang dengan persentase sebesar 88% dengan kategori “Sangat Layak”, serta uji coba kelompok besar sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Microsoft sway
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:18
Last Modified: 16 Jul 2025 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63725

Actions (login required)

View Item
View Item