Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Kopling Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Tamba, Paul Manuel (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sistem Kopling Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193122010_Cover.pdf] Text
5193122010_Cover.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5193122010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193122010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 5193122010_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193122010_Kata_Pengantar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 5193122010_Abstrak.pdf] Text
5193122010_Abstrak.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 5193122010_Daftar_Isi.pdf] Text
5193122010_Daftar_Isi.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 5193122010_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193122010_Daftar_Tabel.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 5193122010_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193122010_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 5193122010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193122010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 5193122010_BAB_I.pdf] Text
5193122010_BAB_I.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 5193122010_BAB_II.pdf] Text
5193122010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193122010_BAB_III.pdf] Text
5193122010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193122010_BAB_IV.pdf] Text
5193122010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5193122010_BAB_V.pdf] Text
5193122010_BAB_V.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 5193122010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193122010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 5193122010_Lampiran.pdf] Text
5193122010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
audiovisual (video) terhadap hasil belajar sistem kopling pada Siswa Kelas XI
TKRO SMK 1 YAPIM MEDAN yang diajarkan menggunakan media audiovisual
dan tidak menggunakan audiovisual. Jenis Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain quasi eksperiment dengan bentuk two group pre-test
and test desig. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri
dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara classter random
sampling yaitu kelas XI TKRO 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30
siswa dan kelas XI TKRO 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Kelas
eksperimen diberikan perlakuan strategi pembelajaran dengan menggunakan
media audiovisual (video), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi
pembelajaran tanpa menggunakan media audiovisual (video). Instrumen yang
digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda dengan
jumlah 25 soal. Terlebih dahulu siswa diberikan pre-test yang bertujuan untuk
mengetahui kemampuan awal siswa pada kedua kelas. Setelah diberi perlakuan
berbeda, pada akhir penelitian siswa diberikan post-test berupa test yang sama
dengan soal pre-test. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan
media audiovisua berpengaruh terhadap hasil belajar sistem kopling pada siswa
kelas XI TKRO SMK 1 YAPIM MEDAN.Hal ini dapat dilihat dari rata rata nilai
hasil post-test siswa kelas eksperimen yaitu 82,13 sedangkan rata rata nilai hasil
post-test siswa kelas kontrol yaitu 76,18. Hal ini diperkuat berdasarkan hasil uji t
yang diperoleh. Dimana nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,23 dan ttabel sebesar
1,67. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukan bahwa nilai thitung berada
didaerah peneriaan Ha yaitu hasil thitug > ttabel (3,23 > 1,67). Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa menggunakan media audiovisual (video) dapat
meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Audiovisual, Hasil belajar, Sistem Kopling
Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3740 Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:09
Last Modified: 16 Jul 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63722

Actions (login required)

View Item
View Item