Wulandari, Sri (2024) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202142003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Cover.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of 7202142003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Abstrak.pdf
Download (801kB)
![[thumbnail of 7202142003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202142003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Daftar_Isi.pdf
Download (956kB)
![[thumbnail of 7202142003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Daftar_Tabel.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of 7202142003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Daftar_Gambar.pdf
Download (410kB)
![[thumbnail of 7202142003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (683kB)
![[thumbnail of 7202142003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202142003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of 7202142003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 7202142003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 7202142003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_BAB_V.pdf
Download (746kB)
![[thumbnail of 7202142003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI AKL di SMK Swasta Brigjen Katamso II Medan dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Brigjen Katamso II Medan pada Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek pada penelitian ini meliputi 42 orang peserta didik dari
kelas XI AKL. Yang menjadi objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar dan tes, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari lembar observasi aktivitas peserta didik pada siklus I terdapat 30 orang peserta didik (71,43%) yang masuk ke dalam kategori sangat aktif dan aktif. Pada siklus II peserta didik yang termasuk kategori sangat aktif dan aktif meningkat menjadi 39 orang (92,86%) dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu ≥85%. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar yaitu 70 dengan 18 peserta didik (42,86%) yang mencapai ketuntasan pada Pre-Test. Pada Post-Test siklus I,
nilai rata-rata meningkat menjadi 82,14 dengan jumlah peserta didik yaitu 29 orang (69,05%) yang mencapai ketuntasan. Pada Post-Test siklus II, nilai rata-rata
semakin meningkat menjadi 92,62 dengan jumlah peserta didik yaitu 39 orang (92,86%) yang mencapai ketuntasan. Hasil ini telah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan, yaitu ≥85%. Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament efektif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Peserta Didik Kelas XI AKL di SMK Swasta Brigjen Katamso
II Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kolaborasi Problem Based Learning dengan Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:31 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63702 |