Zarima, Putri (2025) Kesulitan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka SD Negeri 064026 Medan Tuntungan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111003_Cover.pdf
Download (163kB)
1201111003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (710kB)
1201111003_Kata_Pengantar.pdf
Download (378kB)
1201111003_Abstrak.pdf
Download (63kB)
1201111003_Daftar_Isi.pdf
Download (300kB)
1201111003_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
1201111003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
1201111003_BAB_I.pdf
Download (551kB)
1201111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1201111003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1201111003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (481kB)
1201111003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
1201111003_BAB_V.pdf
Download (199kB)
1201111003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
1201111003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesulitan guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka SD Negeri 064026 Medan Tuntungan dan (2) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka SD Negeri 064026 Medan Tuntungan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 2 guru dari SD Negeri 064026 Medan Tuntungan. Hasil penelitian nya adalah kesulitan guru dalam penerapan kurikulum merdeka diantaranya, yaitu a) kesulitan dalam mengatasi siswa yang belum bisa membaca bahkan tidak mengenal huruf, b) kesulitan dalam membuat penilaian untuk siswa, c) mengulang materi yang belum dipahami, d) tidak membuat modul ajar sesuai Projek Profil Pelajar Pancasila dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam menerapkan kurikulum merdeka tersebut adalah: a) memberi jam tambahan pada saat pulang sekolah untuk mengajarkan anak yang belumbisa membaca, b) melakukan bimtek atau perkumpulan antara guru-guru untuk meningkatkan kompetensi, c) memberi waktu luang untuk mengulang dua atau sampai tiga kali materi yang belum dipahami, d) membuat modul ajar sesuai dengan Projek Profil Pelajar Pancasila agar pembelajaran ekstrakurikuler lebih efektif dalam menjalankannya kemudian membuat siswa lebih memahami adanya Projek Profil Pelajar Pancasila dan siswa tidak bosan dengan projek ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kesulitan guru; Kurikulum merdeka; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:58 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63689 |
