Nasution, Nazli Ashfia (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media PhET Simulation Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Getaran dan Gelombang. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203351015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Cover.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 4203351015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (153kB)
![[thumbnail of 4203351015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 4203351015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Kata_Pengantar.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 4203351015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Daftar_Isi.pdf
Download (272kB)
![[thumbnail of 4203351015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_BAB_I.pdf
Download (567kB)
![[thumbnail of 4203351015_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (611kB)
![[thumbnail of 4203351015_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (524kB)
![[thumbnail of 4203351015_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (819kB)
![[thumbnail of 4203351015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_BAB_V.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 4203351015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (563kB)
![[thumbnail of 4203351015_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203351015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media PhET Simulation pada materi getaran dan gelombang terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen design. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Pematangsiantar yang terdiri 11 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan sampel kelas VIII-10 (kontrol) dan kelas VIII-5 (Eksperimen). Berdasarkan rekaputulasi hasil motivasi belajar peserta didik menunjukkan perbedan motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menunjukkan motivasi belajar kelas kontrol berada pada kategori tinggi dengan hasil rata-rata 80,38% dan motivasi belajar kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan hasil rata-rata 85,92%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai hasil belajar lebih tinggi dengan hasil rata-rata 83,07 dibandingkan kelas kontrol dengan hasil rata-rata 79,61. Korelasi positif dengan nilai 0,731 antara motivasi dan hasil belajar juga menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar akan berdampak positif pada prestasi akademik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.124 Nas p |
Keywords: | Problem based learning; Motivasi; Hasil belajar; Getaran; Gelombang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63685 |