Malinda, Risnati (2025) Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Kesehatan GADHIES untuk meningkatkan Kompetensi Bidan Dalam Promosi Kesehatan. Doctoral thesis, UNIMED.
8196114006_Cover.pdf
Download (42kB)
8196114006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (816kB)
8196114006_Abstrak.pdf
Download (67kB)
8196114006_Kata_Pengantar.pdf
Download (154kB)
8196114006_Daftar_Isi.pdf
Download (207kB)
8196114006_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
8196114006_Daftar_Gambar.pdf
Download (166kB)
8196114006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
8196114006_BAB_I.pdf
Download (554kB)
8196114006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8196114006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8196114006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
8196114006_BAB_V.pdf
Download (154kB)
8196114006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menemukan karakteristik model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES untuk meningkatkan kompetensi bidan dalam promosi kesehatan; (2) Untuk menghasilkan model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES yang layak untuk meningkatkan keterampilan bidan dalam promosi kesehatan; (3) Untuk menghasilkan model manajemen pendidikan kesehatan berbasis GADHIES yang efektif meningkatkan kompetensi bidan dalam promosi kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Dilakukan di seluruh Puskesmas kota Langsa dengan melibatkan 66 Orang bidan desa sebagai subjek. Tehnik analisa data pada penelitian dan pengembangan model adalah kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan instrumen dan tahapan pengembangan model. Instrumen penelitian dan desain model terlebih dahulu divalidasi oleh pakar dan diuji coba pada bidan untuk memperoleh kelayakan dan efektifitas penggunaannya. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali yaitu uji coba terbatas (22 responden) dan uji coba luas (44 responden). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES yang dibutuhkan oleh bidan desa untuk meningkatkan kompetensi promosi kesehatan memiliki kakteristik: melibatkan masyarakat, purposed, result-analized, holistic, dan tools support atau memiliki instumen input: buku panduan dan SOP model pendidikan kesehatan GADHIES sebagai pedoman dalam implementasinya. (2) Kelayakan model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES untuk meningkatkan kompetensi bidan dalam promosi kesehatan dikota Langsa adalah sangat valid dan sangat layak digunakan. Hasil uji kelayakan diperolah melalui validasi ahli dan ujicoba pengguna. Kelayakan model ditinjau dari validasi ahli sebesar 91,4% (sangat layak) dan uji kelayakan model oleh pengguna sebesar 90,72% (sangat layak). (3) Efektivitas model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES dalam meningkatkan kompetensi bidan dalam promosi kesehatan di kota Langsa sangat efektif. Peningkatan kompetensi tersebut dapat dilihat dari hasil paired sample t test kedua uji coba dan rata-rata hasil N-Gain score. Nilai rata rata N-Gain Score (g) kedua uji coba adalah sebesar 0,86 dan 0,68. Karena nilai g>0,7 berada pada kategori tinggi, maka dapat disimpulkan penggunaan model manajemen pendidikan kesehatan GADHIES dapat meningkatkan kompetensi bidan dalam promosi kesehatan dikota Langsa.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Additional Information: | 371.12 Mal p |
| Keywords: | Model, Manajemen, Pendidikan, Kesehatan, GADHIES. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
| Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:42 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 05:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63684 |
