Azis, Rizka Amelia (2024) PENGARUH SELF-ESTEEM DAN DUKUNGAN SOSIAL DOSEN TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7202142001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Cover.pdf
Download (486kB)
![[thumbnail of 7202142001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Abstrak.pdf
Download (777kB)
![[thumbnail of 7202142001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Daftar_Tabel.pdf
Download (729kB)
![[thumbnail of 7202142001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Daftar_Gambar.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of 7202142001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (455kB)
![[thumbnail of 7202142001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7202142001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 7202142001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 7202142001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 7202142001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_BAB_V.pdf
Download (729kB)
![[thumbnail of 7202142001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7202142001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7202142001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tuntutan akademik dalam lingkup perkuliahan yang mengharuskan mahasiswa memiliki resiliensi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh self-esteem terhadap resiliensi akademik; (2) pengaruh dukungan sosial dosen terhadap resiliensi akademik; (3) pengaruh self-esteem dan dukungan sosial dosen terhadap resiliensi akademik.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri medan stambuk 2020 dan 2021 yang telah mengikuti matakuliah auditing dan menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin memperoleh sampel penelitian berjumlah 108 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket penelitian. Angket penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 2,647 + 0,206X1 + 0,311X2. Hasil pengujian dari hipotesis pertama (1) secara parsial, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-esteem terhadap resiliensi akademik dengan nilai thitung > ttabel (5,110 > 1,983) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis kedua (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial dosen terhadap resiliensi akademik dengan nilai dari thitung > ttabel (5,379 > 1,983) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (3), terdapat pengaruh self-esteem dan dukungan sosial dosen terhadap resiliensi akademik dengan nilai Fhitung > Ftabel (54,950 > 3,08) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,502 atau 50,2% dan sisanya 49,8% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self-Esteem, Dukungan Sosial Dosen, Resiliensi Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:53 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63673 |