Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 101832 Pancur Batu

Marbun, Putri Elisa (2025) Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 101832 Pancur Batu. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1213111007_Cover.pdf] Text
1213111007_Cover.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1213111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1213111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1213111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1213111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1213111007_Abstrak.pdf] Text
1213111007_Abstrak.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 1213111007_Daftar_Isi.pdf] Text
1213111007_Daftar_Isi.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1213111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1213111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1213111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1213111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1213111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1213111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 1213111007_BAB_I.pdf] Text
1213111007_BAB_I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 1213111007_BAB_II.pdf] Text
1213111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111007_BAB_III.pdf] Text
1213111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111007_BAB_IV.pdf] Text
1213111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1213111007_BAB_V.pdf] Text
1213111007_BAB_V.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1213111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1213111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 1213111007_Lampiran.pdf] Text
1213111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa di kelas V SDN 101832 Pancur Batu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metodologi eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB dengan jumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan berganda, dan telah diuji keabsahan dari instrumen melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan sampel independent (Independent Sample t-Test). Berdasarkan perolehan hasil analisis pada penelitian uji perbandingan menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 79,60 sedangkan pada nilai kelas kontrol diperoleh sebesar 61,80. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji-t sampel independent menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,001. Karena 0,001 < 0,05 atau �ℎ�����>������ = 4,988 > 2,010 dengan tingkat signifikansi 5% (�=0,05), maka dengan demikian hipotesis (�0) ditolak dan untuk hipotesis (��) diterima. Dengan demikian hal ini dapat menunjukkan bahwa hasil hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 101832 Pancur Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media diorama; Hasil belajar; Siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:10
Last Modified: 15 Jul 2025 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63667

Actions (login required)

View Item
View Item