Putri, Prili Zahara Amanda (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Cover.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 1201111010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1201111010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 1201111010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Abstrak.pdf
Download (346kB)
![[thumbnail of 1201111010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 1201111010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of 1201111010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 1201111010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 1201111010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_BAB_I.pdf
Download (583kB)
![[thumbnail of 1201111010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1201111010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (892kB)
![[thumbnail of 1201111010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1201111010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_BAB_V.pdf
Download (342kB)
![[thumbnail of 1201111010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (436kB)
![[thumbnail of 1201111010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan antara model Problem Based Learning dan model Teacher Centered Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Sampel penelitian menggunakan keseluruhan kelas IV. Populasi pada penelitian ini di kelas IV dengan total keseluruhan siswa sebanyak 58 orang. Intrumen penelitian menggunakan tes Pretest dan Posttest melalui Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Tingkat Kesukaran dan Uji Tingkat Daya Pembeda. Teknik Analisis data melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Teacher Centered Learning sebesar 66,03. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan berbantuan Audiovisual sebesar 74,82. Analisis data pada uji normalitas menyatakan berdistribusi normal, data nilai Pretest di kelas Problem Based Learning yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 2,21< 2,27 dan nilai Pretest di kelas Teacher Centered Learning yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 2,22 < 2,27 sedangkan nilai Posttest di kelas Problem Based Learning yaitu Lhitung < Ltabel sebesar 2,03 < 2,27 dan nilai Posttest di kelas Teacher Centered Learning Lhitung < Ltabel sebesar 1,22 < 2,27. Uji Homogenitas dinyatakan homogen dengan nilai fhitung < ftabel yaitu 1,75 < 1,88. Pada uji hipotesis menggunakan nilai Posttest diperoleh yaitu thitung ≥ ttabel yaitu 4,80 ≥ 1,70 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang menyatakan Ha1 “ Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Audiovisual pada pembelajaran IPAS Materi Wujud Benda dan Perubahannya kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Pemecahan masalah; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63652 |