Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Chasis di Kelas XII TKR Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Medan

Pranata, Ego (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Chasis di Kelas XII TKR Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183122027_Cover.pdf] Text
5183122027_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5183122027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183122027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5183122027_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183122027_Kata_Pengantar.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 5183122027_Abstrak.pdf] Text
5183122027_Abstrak.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5183122027_Daftar_Isi.pdf] Text
5183122027_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 5183122027_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183122027_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 5183122027_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183122027_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 5183122027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183122027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5183122027_BAB_I.pdf] Text
5183122027_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 5183122027_BAB_II.pdf] Text
5183122027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[thumbnail of 5183122027_BAB_III.pdf] Text
5183122027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[thumbnail of 5183122027_BAB_IV.pdf] Text
5183122027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5183122027_BAB_V.pdf] Text
5183122027_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 5183122027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183122027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5183122027_Lampiran.pdf] Text
5183122027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam mata pelajaran Chasis, terdapat beberapa permasalahan yang dijumpai dalam proses pembelajaran seperti minat belajar siswa yang rendah, kurangnya pemahaman materi serta hasil belajar yang rendah. Hal ini dikarenakan, penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih bersifat konvensional dan sesekali menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan powerpoint. Hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, dikarenakan penyampaian materi terhadap siswa masih berpusat pada guru. Oleh karena itu dibutuhkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan minat belajar siswa, mudah dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline yang layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran chasis.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 14 Medan, di Kelas XII TKR. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (menganalisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline berdasarkan ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 92,17% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi ahli desain mencapai 73,33% dengan kategori “Sangat Layak”, dan validasi ahli materi mencapai 97,62% dengan kategori “Sangat Layak”, dengan rata-rata keseluruhan 87,70% menandakan bahwa media ini “sangat layak” untuk diuji coba. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 50,71, meningkat menjadi 85,71% pada uji coba post-test dengan peningkatan hasil belajar sebesar 35, kemudian nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 0,708, dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, penelitian tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran Chasis di SMK Negeri 14 Medan dapat dianggap layak dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Chasis, Pengembangan, ADDIE, storyline, Multimedia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:18
Last Modified: 15 Jul 2025 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63619

Actions (login required)

View Item
View Item