Pranata, Ego (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Chasis di Kelas XII TKR Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183122027_Cover.pdf
Download (84kB)
5183122027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (240kB)
5183122027_Kata_Pengantar.pdf
Download (492kB)
5183122027_Abstrak.pdf
Download (93kB)
5183122027_Daftar_Isi.pdf
Download (133kB)
5183122027_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
5183122027_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
5183122027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (57kB)
5183122027_BAB_I.pdf
Download (363kB)
5183122027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (438kB)
5183122027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (782kB)
5183122027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5183122027_BAB_V.pdf
Download (126kB)
5183122027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (213kB)
5183122027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Dalam mata pelajaran Chasis, terdapat beberapa permasalahan yang dijumpai dalam proses pembelajaran seperti minat belajar siswa yang rendah, kurangnya pemahaman materi serta hasil belajar yang rendah. Hal ini dikarenakan, penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih bersifat konvensional dan sesekali menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan powerpoint. Hal ini membuat pembelajaran menjadi kurang efektif, dikarenakan penyampaian materi terhadap siswa masih berpusat pada guru. Oleh karena itu dibutuhkannya multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan minat belajar siswa, mudah dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline yang layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran chasis.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 14 Medan, di Kelas XII TKR. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis (menganalisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji tingkat kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline berdasarkan ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 92,17% dengan kategori “Sangat Layak”, validasi ahli desain mencapai 73,33% dengan kategori “Sangat Layak”, dan validasi ahli materi mencapai 97,62% dengan kategori “Sangat Layak”, dengan rata-rata keseluruhan 87,70% menandakan bahwa media ini “sangat layak” untuk diuji coba. Nilai rata-rata pre-test siswa adalah 50,71, meningkat menjadi 85,71% pada uji coba post-test dengan peningkatan hasil belajar sebesar 35, kemudian nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 0,708, dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, penelitian tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran Chasis di SMK Negeri 14 Medan dapat dianggap layak dan efektif
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Chasis, Pengembangan, ADDIE, storyline, Multimedia |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:18 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63619 |
