Ginting, Desy Syahpitri (2012) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113021 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108113021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
108113021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108113021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
108113021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
108113021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
108113021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
108113021 BAB I.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
108113021 BAB V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
108113021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami penjelasanyang di sampaikan oleh guru, dalam mengajar guru masih menggunakankaedah bercorak hapalan dengan menggunakan metode ceramah, kurangmemberikan variasi dalam menggunakan model. Guru hanya menekankankemampuan siswa untuk menghapal, sehingga menyebabkan rendahnyaketuntasan klasikal dalam pelajaran IPS yaitu 37,03% dari jumlah siswayang mencapai KKM, untuk itu perlu dilakukan penelitian pembelajarandengan menggunakan strategi belajar PQ4R.Penelitian ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK),penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V ASD Negeri 101766 Bandar Setia. Hipotesis penelitian ini adalah Jikaditerapkan satregi belajar PQ4R, maka dapat meningkatkan hasil belajar IPSsiswa kelas V SDN 101766 Bandar Setia Kec Percut sei Tuan Kab Deliserdang. Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi.Strategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka bacadan dapat membantu proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan dengankegiatan membaca buku. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V ASD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlahsiswa 27 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kalipertemuan dan satu kali post tes dan siklus II juga dilaksanakan dua kalipertemuan dan satu kali post tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitianini adalah lembar observasi siswa, lemabar observasi guru, dan tes post tes padaakhir siklus. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikanrendah dengan persentase ketercapaian KKM 37,03%, pada pre tes. siklus Ipersentase ketercapaian KKM 66,96% sedangkan pada post tes siklus IIpersentase ketercapaian KKM 88,89%. Instrumen pengumpulan datamenggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selamaproses pembelajaran berlangsung di kelas V A SD Negeri 101766 Bandar Setia.rata-rata aktivitas guru siklus I 79,16% dan siklus II 91,66%, selanjutnyasebelum menggunakan strategi belajar PQ4R aktivitas siswa 45,83% aktivitassiswa dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajaran strategi belajarPQ4R pada siklus I 66,66% dan siklus II 83,33% dengan kategori amat baik.Dari penjelasan menunjukkan bahwa melalui penggunaan strategibelajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V A SDNegeri 101766 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten DeliSerdang Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6358 |