Pratama, Arema Dimas (2024) Pengembangan EModul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Mandiri. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173122003_Cover.pdf
Download (253kB)
5173122003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5173122003_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
5173122003_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
5173122003_Abstrak.pdf
Download (63kB)
5173122003_Daftar_Isi.pdf
Download (421kB)
5173122003_Daftar_Tabel.pdf
Download (386kB)
5173122003_Daftar_Gambar.pdf
Download (386kB)
5173122003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (384kB)
5173122003_BAB_I.pdf
Download (614kB)
5173122003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173122003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
5173122003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
5173122003_BAB_V.pdf
Download (474kB)
5173122003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (348kB)
5173122003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan di era digital menekankan pemanfaatan teknologi, termasuk
pengembangan bahan ajar interaktif. Di SMK Swasta Mandiri, siswa menghadapi
tantangan dalam memahami dasar-dasar teknik otomotif, khususnya sistem hidrolik
dan pneumatik, serta menunjukkan minat yang terbatas terhadap sumber belajar
konvensional. Sebagai respons, dikembangkan e-modul interaktif berbasis Canva
untuk meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan efektivitas pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul interaktif pada materi sistem
hidrolik dan pneumatik untuk mendukung guru dalam menyampaikan materi secara
efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian
menunjukkan: (1) penilaian dari ahli materi sebesar 4,33, menunjukkan kelayakan
yang sangat tinggi, (2) penilaian dari ahli media sebesar 3,33, dinilai layak, (3)
penilaian dari ahli desain sebesar 4,30, juga sangat layak, (4) uji coba siswa melalui
angket pengguna memberikan skor rata-rata 4,27 (sangat layak) pada uji coba One
to One, 4,21 pada uji coba skala kecil, dan 4,24 pada uji coba skala besar, (5)
peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul,
dengan rata-rata nilai post-test sebesar 79,82 dibandingkan dengan nilai pre-test
47,68.
Dapat disimpulkan, e-modul interaktif berbasis Canva ini efektif dan layak
digunakan dalam proses pembelajaran, dengan peningkatan rata-rata hasil belajar
sebesar 32,14 poin atau 67%, serta tingkat ketuntasan mencapai 89%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, E-Modul Interaktif, Canva |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:58 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63573 |
