Tambunan, Mona Yuniar (2025) Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kelincahan Siswa Kelas III SD Negeri 112281 Aek Kanopan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1213311047_Cover.pdf
Download (257kB)
1213311047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (696kB)
1213311047_Kata_Pengantar.pdf
Download (639kB)
1213311047_Abstrak.pdf
Download (254kB)
1213311047_Daftar_Isi.pdf
Download (673kB)
1213311047_Daftar_Tabel.pdf
Download (225kB)
1213311047_Daftar_Gambar.pdf
Download (224kB)
1213311047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (225kB)
1213311047_BAB_I.pdf
Download (711kB)
1213311047_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1213311047_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (734kB)
1213311047_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (930kB)
1213311047_BAB_V.pdf
Download (225kB)
1213311047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (528kB)
1213311047_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional Gobak
Sodor terhadap tingkat kelincahan siswa kelas III di SD Negeri 112281 Aek
Kanopan. Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan tradisional semakin
ditinggalkan, dan minat siswa terhadap permainan digital semakin meningkat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 15 siswa kelas
III SD Negeri 112281 Aek Kanopan, yang dipilih melalui teknik total sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari bolak-balik (shuttle
run) untuk mengukur tingkat kelincahan siswa sebelum dan sesudah perlakuan.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan dalam tingkat kelincahan siswa setelah diberikan perlakuan melalui
permainan Gobak Sodor. Rata-rata waktu tempuh siswa dalam tes kelincahan
mengalami penurunan, yang mengindikasikan peningkatan kemampuan
kelincahan mereka. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar
0,000 (p < 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa permainan tradisional Gobak Sodor berpengaruh secara
signifikan terhadap peningkatan kelincahan siswa kelas III SD Negeri 112281
Aek Kanopan. Oleh karena itu, permainan ini dapat dijadikan alternatif dalam
pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan kebugaran siswa secara
menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Permainan tradisional; Siswa s4ekolah dasar; Kretifitas siswa |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:32 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 04:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63563 |
