Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025.

Ginting, Mia Melisa (2025) Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111069_Cover.pdf] Text
1203111069_Cover.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203111069_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111069_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111069_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111069_Kata_Pengantar.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 1203111069_Abstrak.pdf] Text
1203111069_Abstrak.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 1203111069_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111069_Daftar_Isi.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of 1203111069_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111069_Daftar_Tabel.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 1203111069_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111069_Daftar_Gambar.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 1203111069_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111069_Daftar_Lampiran.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of 1203111069_BAB_I.pdf] Text
1203111069_BAB_I.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 1203111069_BAB_II.pdf] Text
1203111069_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111069_BAB_III.pdf] Text
1203111069_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111069_BAB_IV.pdf] Text
1203111069_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111069_BAB_V.pdf] Text
1203111069_BAB_V.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 1203111069_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111069_Daftar_Pustaka.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 1203111069_Lampiran.pdf] Text
1203111069_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPAS pada materi wujud benda dan perubahannya kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group
design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPAS pada materi wujud benda dan perubahannya kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Hal ini dapat
dilihat dari hasil pretest dan posttest. Saat melaksanakan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 55,5 dan kelas kontrol yaitu 50,23. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan secara berbeda, selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen
83,75 sedangkan pada kelas kontrol 68,09. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 28,25, sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 17,86. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa seluruh data baik pretest maupun posttest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, dan juga uji homogenitas menunjukkan nilai 0,135 > 0,05 yang tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel (5.284 > 2,023) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran STAD dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Siwa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:06
Last Modified: 14 Jul 2025 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63552

Actions (login required)

View Item
View Item