Ginting, Mia Melisa (2025) Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111069_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Cover.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 1203111069_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111069_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Kata_Pengantar.pdf
Download (533kB)
![[thumbnail of 1203111069_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Abstrak.pdf
Download (660kB)
![[thumbnail of 1203111069_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Daftar_Isi.pdf
Download (600kB)
![[thumbnail of 1203111069_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Daftar_Tabel.pdf
Download (547kB)
![[thumbnail of 1203111069_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Daftar_Gambar.pdf
Download (546kB)
![[thumbnail of 1203111069_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Daftar_Lampiran.pdf
Download (547kB)
![[thumbnail of 1203111069_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_BAB_I.pdf
Download (738kB)
![[thumbnail of 1203111069_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111069_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111069_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111069_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_BAB_V.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of 1203111069_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Daftar_Pustaka.pdf
Download (632kB)
![[thumbnail of 1203111069_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111069_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPAS pada materi wujud benda dan perubahannya kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design (Nonequivalent control group
design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPAS pada materi wujud benda dan perubahannya kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025. Hal ini dapat
dilihat dari hasil pretest dan posttest. Saat melaksanakan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 55,5 dan kelas kontrol yaitu 50,23. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan secara berbeda, selanjutnya kedua kelas diberikan soal posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen
83,75 sedangkan pada kelas kontrol 68,09. Sedangkan dengan membandingkan skor rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 28,25, sedangkan skor rata-rata hasil belajar kelas kontrol meningkat sebanyak 17,86. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa seluruh data baik pretest maupun posttest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, dan juga uji homogenitas menunjukkan nilai 0,135 > 0,05 yang tergolong homogen. Selanjutnya peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test karena data pada penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel (5.284 > 2,023) atau H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran STAD dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 050607 Balai Kasih T.A 2024/2025
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Siwa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:06 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63552 |