Siburian, Immanuel Halomon (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 7183342006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Cover.pdf
Download (305kB)
![[thumbnail of 7183342006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 7183342006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Abstrak.pdf
Download (654kB)
![[thumbnail of 7183342006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 7183342006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Daftar_Isi.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of 7183342006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Daftar_Tabel.pdf
Download (280kB)
![[thumbnail of 7183342006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Daftar_Gambar.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 7183342006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7183342006_Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (279kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 6 Medan, dikarenakan Rendahnya kemandirian belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar peserta didik dalam belajar belum optimal, maka masih banyak peserta didik yang tak aktif pada kegiatan belajar mengajar. Perhatian orang tua yang belum maksimal terhadap pembelajaran anaknya serta hasil belajar siswa yang diperoleh belum maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi pada penelitian ini ialah siswa/siswi kelas XI AKL SMK Negeri 6 Medan. Dimana ada 4 kelas jurusan akuntansi pada kelas XI di sekolah ini dengan jumlah 134 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket/kuesioner, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel Kemandirian Belajar (X1) sebesar 2.433 > ttabel 1.660; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung sebesar 3.890 > ttabel 1.660, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Lingkungan Keluarga (X3) terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung sebesar 2.285 > ttabel 1.660; (4) Terdapat pengaruh secara signifikan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar dengan nilai Fhirung sebesar 143,501 > Ftabel 2,70, serta nilai R Square sebesar 0,818 atau 81,8%. Sehigga dapat disimpulkan bahwa Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga berpengaruh terhadap Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63545 |