PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN

Siburian, Immanuel Halomon (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7183342006_Cover.pdf] Text
7183342006_Cover.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 7183342006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7183342006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7183342006_Abstrak.pdf] Text
7183342006_Abstrak.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 7183342006_Kata_Pengantar.pdf] Text
7183342006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7183342006_Daftar_Isi.pdf] Text
7183342006_Daftar_Isi.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 7183342006_Daftar_Tabel.pdf] Text
7183342006_Daftar_Tabel.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 7183342006_Daftar_Gambar.pdf] Text
7183342006_Daftar_Gambar.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 7183342006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7183342006_Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI AKL SMK Negeri 6 Medan, dikarenakan Rendahnya kemandirian belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar peserta didik dalam belajar belum optimal, maka masih banyak peserta didik yang tak aktif pada kegiatan belajar mengajar. Perhatian orang tua yang belum maksimal terhadap pembelajaran anaknya serta hasil belajar siswa yang diperoleh belum maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi pada penelitian ini ialah siswa/siswi kelas XI AKL SMK Negeri 6 Medan. Dimana ada 4 kelas jurusan akuntansi pada kelas XI di sekolah ini dengan jumlah 134 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket/kuesioner, dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung pada variabel Kemandirian Belajar (X1) sebesar 2.433 > ttabel 1.660; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Motivasi Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di atas nilai thitung sebesar 3.890 > ttabel 1.660, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Lingkungan Keluarga (X3) terhadap Hasil Belajar dengan nilai thitung sebesar 2.285 > ttabel 1.660; (4) Terdapat pengaruh secara signifikan Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar dengan nilai Fhirung sebesar 143,501 > Ftabel 2,70, serta nilai R Square sebesar 0,818 atau 81,8%. Sehigga dapat disimpulkan bahwa Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga berpengaruh terhadap Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:49
Last Modified: 14 Jul 2025 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63545

Actions (login required)

View Item
View Item