Astuti, Novi (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 064009 MEDAN- MARELAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109412010 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109412010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
109412010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
109412010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109412010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109412010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109412010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109412010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109412010 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109412010 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
109412010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 064009 Medan- Marelan pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode Snowball Drilling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Negeri 064009 Medan- Marelan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan mtode Snowball Drilling pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pecahan.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064009 Medan- Marelan sebanyak 34 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa lak- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data, pada kondisi awal diperoleh hasil angket siswa sebanyak 6 siswa (17%) yang sangat termotivasi dan 28 siswa (83%) yang belum termotivasi. Pada Setelah Siklus II sebanyak 31 siswa (91%) sangat termotivasi dan 3 siswa (9%) telah termotivasi pada pelajaran Matematika. Berdasarkan dari hasil nilai observasi pada Siklus I sebanyak 19 siswa (56%) telah termotivasi, 13 siswa (38%) yang cukup termotivasi, 2 siswa (6%) belum termotivasi serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 56% dan tergolong cukup termotivasi. Pada Siklus II terdapat 29 siswa (85%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 3 siswa (9%) telah termotivasi, dan 2 siswa (6%) cukup termotivasi pada pelajaran Matematika serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 94% dan tergolong sangat termotivasi mengikut pelajaran Matematika. Pada Siklus I diperoleh nilai observasi guru ketika mengajar yaitu 71,66 dengan criteria baik dan pada Siklus II diperoleh nilai observasi guru ketika mengajar yaitu 88,33 dengan criteria sangat baik.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan metode Snowball Drilling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Negeri 064009 Medan- Marelan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 Ast m |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Metode; Pembelajaran; Snowball Drilling; Pecahan; Perkalian; Pembagian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6354 |