Hutauruk, Gilbert Exaudi (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7203142014_Cover.pdf
Download (309kB)
7203142014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
7203142014_Abstrak.pdf
Download (602kB)
7203142014_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
7203142014_Daftar_Isi.pdf
Download (608kB)
7203142014_Daftar_Tabel.pdf
Download (379kB)
7203142014_Daftar_Gambar.pdf
Download (376kB)
7203142014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (376kB)
7203142014_BAB_I.pdf
Download (3MB)
7203142014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
7203142014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
7203142014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
7203142014_BAB_V.pdf
Download (876kB)
7203142014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
7203142014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32MB)
Abstract
Keaktifan siswa dan hasil belajar merupakan dua hal yang saling berkaitan dan saling mendukung untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model Problem Based
Learning berbantu Mind Mapping dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi jurnal penyesuaian. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus,
terbagi dalam dua pertemuan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI AKL 2 SMK Negeri 7 Medan dengan jumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Untuk keaktifan belajar siswa, pada siklus I persentase nilai rata-rata keaktifan sebesar 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,59%. Sedangkan untuk keaktifan belajar siswa, ketuntasan
klasikal pada siklus I dengan persentase 60,61% dan pada siklus II meningkat
menjadi 100%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning berbantu Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | problem based learning, mind mapping, keaktifan belajar, hasil belajar. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
| Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:02 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 03:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63521 |
