PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 7 MEDAN

Hutauruk, Gilbert Exaudi (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142014_Cover.pdf] Text
7203142014_Cover.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 7203142014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142014_Abstrak.pdf] Text
7203142014_Abstrak.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 7203142014_Kata_Pengantar.pdf] Text
7203142014_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142014_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142014_Daftar_Isi.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 7203142014_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142014_Daftar_Tabel.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 7203142014_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142014_Daftar_Gambar.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 7203142014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 7203142014_BAB_I.pdf] Text
7203142014_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7203142014_BAB_II.pdf] Text
7203142014_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 7203142014_BAB_III.pdf] Text
7203142014_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 7203142014_BAB_IV.pdf] Text
7203142014_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of 7203142014_BAB_V.pdf] Text
7203142014_BAB_V.pdf

Download (876kB)
[thumbnail of 7203142014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142014_Lampiran.pdf] Text
7203142014_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Keaktifan siswa dan hasil belajar merupakan dua hal yang saling berkaitan dan saling mendukung untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model Problem Based
Learning berbantu Mind Mapping dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi jurnal penyesuaian. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus,
terbagi dalam dua pertemuan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI AKL 2 SMK Negeri 7 Medan dengan jumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Untuk keaktifan belajar siswa, pada siklus I persentase nilai rata-rata keaktifan sebesar 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,59%. Sedangkan untuk keaktifan belajar siswa, ketuntasan
klasikal pada siklus I dengan persentase 60,61% dan pada siklus II meningkat
menjadi 100%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning berbantu Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning, mind mapping, keaktifan belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:02
Last Modified: 14 Jul 2025 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/63521

Actions (login required)

View Item
View Item